Monday 24 November 2014

Indeks Massa Tubuh Pengaruhi Pergerakan Pada Gigi

Indeks Massa Tubuh Pengaruhi Pergerakan Pada Gigi TRIBUNNEWS.COM – Indeks Massa Tubuh yang tinggi memiliki kadar leptin yang tinggi pula, dimana kadar leptin mempengaruhi pergerakan gigi. Semakin tinggi kadar leptin serum maka semakin lambat kualitas pergerakan gigi.


https://play.google.com/store/apps/details?id=com.app.CeritaLucudanHumorterbaru.AOUZPBCZMJWBQDIR Perawatan ortodontik adalah perawatan yang bertujuan memperbaiki susunan dan kedudukan gigi geligi untuk mendaparkan fungi oklusi yang stabil, perbaikan pengunyahan, keseimbangan otot, dan keserasian estetika wajah yang harmonis.


Pergerakan gigi secara ortodontik adalah peristiwa yang didasarkan pada prinsip bahwa jika sebuah tekanan diberikan terus menerus pada gigi, maka akan terjadi remodeling tulang di sekitar gigi tersebut yang mengakibatkan pergerakan gigi.


https://play.google.com/store/apps/details?id=com.app.kisahnabidanrasulnyalengkap.AOUZNBOYHQUAWWEUP Hal tersebut dipaparkan Dr drg Eka Erwansyah MKes SpOrt saat mempertahankan disertasinya yang berjudul Analisis Kadar Leptin dan Fibronektin Pada Proses Pergerakan Gigi Setelah Aplikasi Gaya Ortodontik Pada Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin (Unhas) di Gedung Ipteks, Sabtu (22/11/2014).


“Semakin besar Indeks Massa Tubuh, semakin kecil jarak pergerakan gigi.Jika tubuh memiliki kandungan leptin yang tinggi akan menghambat proses oestoklas atau penghancur tulang dibutuhkan untuk memberikan pergerakan pada gigi. Padahal, oestoklas ini akan memberikan ruang pada gigi,”katanya.


Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Unhas ini menjelaskan, leptin merupakan hormon polipeptida dan digolongkan sebagai suatu sitokin. Di dalam tubuh, lemak dikendalikan oleh leptin, kadar leptin dalam tubuh memiliki hubungan dengan kadar lemak tubuh. Di rongga mulut, leptin ditemukan di dalam gingival yang sehat maupun yang sakit.


https://play.google.com/store/apps/details?id=com.app.novelremajaindonesiagratiscintaibu.AOUZDAOYHJWEFEIIN Leptin yang berada dalam darah dan jaringan periodontal merespon sebagaimana fungsi anti inflamasi melindungi jaringan periodontal. Aktivitas perlindungan inilah yang justru menghambat proses perusakan sekaligus menghambat proses pergerakan gigi.


“Dalam perawatan ortodontik harus menyeimbangkan antara kadar leptin dengan proses oestoklas karena jika tidak terjadi keseimbangan dan proses perusakan tidak terkontrol maka akan menyebabkan kerusakan permanen. Sehingga, tulang tidak akan terbentuk lagi,”jelasnya.



Indeks Massa Tubuh Pengaruhi Pergerakan Pada Gigi

No comments:

Post a Comment