Sunday 30 November 2014

Iklan di Madura

Tahukah anda apa saja macam iklan Koran? Jika anda adalah calon pemasang iklan atau org yg mau bergelut dlm dunia periklanan, mestinya pengetahuan dan wawasan tentang periklanan perlu dikuasai. Pengetahuan ini penting baik para produsen atau pelaku usaha yang hendak mengkampanyekan atau mempromosikan prouk atau jasanya melalui iklan.


Pengetahuan atau wawasan tentang periklanan di media massa cetak atau Koran sangat penting agar lw bisa merencanakan bentuk dan ukuran iklan yang hendak di pasangmaupun harga yang hrs dikeluarkan. Selain itu, jenis-jenis iklan Koran juga mencakup atau berkaitan dgn bagaimana isi atau konsep iklan dibuat. Karna tersebut pengetahuan tentang hal ini mesti sampean kuasai sejak awal sebelum merencanakan strategi marketing atau promosi anda.


Jenis-Jenis Iklan Koran


Secara umum, macam iklan Koran dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :


1. Iklan Display atau Iklan Gambar

Iklan display adalah iklan yg berisi gak hanya kata-kata melainkan juga dengan gambar, foto ataupun bentuk grafis lainnya. Untuk media Koran, iklan display dibedakan antara display hitam putih (BW) dan display berwarna (Full Colour).


Iklan Madura

Iklan display jg masih dibedakan berdasarkan peletakannya, yaitu iklan display yg bebas diletakkan dimana saja sesuai keinginan pemasang iklan dan iklan kolom yaitu iklan display yg hanya dpt dipasang atau diletakkan di rubrik iklan serta berbaur dgn iklan baris. Iklan ini hrs dibuat dgn ukuran minimal dua kolom hingga maksimal 1 halaman koran. Sedangkan iklan kolom dibuat berukuran 1 kolom dengan minimal 30 mm danmaksimal Seratus mm.


Kadang iklan display jg dibedakan antara iklan display lokal yang dipasang oleh organisasi atau perorangan dan iklan display nasional yang dipasang oleh perusahaan nasional atau intansi nasional.


2. Iklan Baris

Iklan baris ialah macam iklan Koran dalam bentuk rangkaian kata atau kalimat serta cuma diletakkan di rubrik iklan. Iklan baris dibuat minimal 3 baris serta maksimal Sepuluh baris tanpa gambar sama sekali. Iklan baris Koran umumnya mempunyai pangsa pasar spesifik, baik pembaca sebagai calon konsumen maupun calon pengiklannya. Iklan baris sangat diminati pengiklan untuk tujuan penjualan langsung.


Selain kedua macam iklan itu juga terdapat jenis iklan advertorial atau pariwara. Dlm khasanah praktis, advertorial jg sering disebut sebagai artikel atau berita terselubung karena bentuknya yg mirip artikel atau berita namunberisi konten komersial. Ciri yg membedakan pariwisara dgn artikel atau berita yg terdapat dalam suatu Koran hanyalah kode tulisan ADV yg merupakan kepanjangan dari advertorial.


Dengan mengenal jenis dan ragam iklan Koran tersebut, sampean sebagai calon pengiklan dlm merencanakan, merancang, dan membuat iklan yang efektif. Selain sesuai dengan macam iklannya, iklan efektif juga berisi konten yang padat dan efektif dalam menyampaikan pesan produsen kepada pembaca Koran sebagai calon konsumen. Itulah pentingnya mengenal ragam dan macam iklan Koran.


Read more : Iklan Murah Madura



Iklan di Madura

No comments:

Post a Comment