Monday 30 March 2015

tempat wisata andalan indonesia

indonesia adalah negara kepulauan paling besar didunia sejumlah dua pertiga lokasi indonesia juga terbagi dalam laut tetapi potensi laut di indonesi Read This Yoshiewafa Indonesia adalah negara kepulauan paling besar didunia. Sejumlah dua pertiga lokasi Indonesia juga terbagi dalam laut. Tetapi potensi laut di Indonesia masih tetap belum optimal satu diantaranya dari sisi pariwisata.


Persentase pendapatan negara ataupun nominal sumbangan pariwisata bahari Indonesia sangatlah rendah dibanding negara tetangga seperti Malaysia. Hal semacam ini dikarenakan disebabkan kurangnya akses ke destinasi wisata bahari. “Malaysia saja telah 40 % (GDP). Maldives nyaris 100 % (GDP) dari wisata bahari. Indonesia sangatlah sayang dipandang dari persentase ataupun nominal ” tutur Arief Menteri Pariwisata.


Maldives atau Maladewa terang Arief yang mempunyai 300 ribu masyarakat dapat menghadirkan 1 1 juta wisatawan mancanegara. Dengan data itu pendapatan Maladewa dari bidang wisata bahari saja telah meraih 2 miliar dolar. “Maldives tak semakin besar dari Belitung. APBD-nya 700 miliar PAD-nya (Pendapatan Asli Daerah) 300 M seperdelapannya Maldives. ”


Tidak cuma dengan Malaysia serta Maladewa dari sisi wisata bahari Indonesia juga kalah dengan Australia Barat. “Australia Barat garis pantainya 2 ribu km. kita 100 ribu km.. Namun Australia Barat dapat membuahkan devisa 3 miliar kita cuma 1 miliar ” tutur Arief.


Untuk meningkatkan potensi pariwisata bahari aksesibilitas adalah hal yang paling utama. Karenanya ada akses yang ideal wisata bahari juga diinginkan dapat menggejot jumlah wisatawan yang ditargetkan meraih 20 juta hingga th. 2019 lantaran potensi wisata bahari dikira mungkin serta menjanjikan. Pemerintah juga membidik perkembangan wisatawan dari yang awalnya 1 juta pada th. 2014 dapat jadi tambah jadi 4 juta di th. 2019.


Juga sebagai salah satu Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. menyebutkan kesiapannya untuk mensupport pengembangan wisata bahari di Indonesia lewat keringanan akses antar pulau terutama lokasi Indonesia Timur.


Untuk mengatasi terbatasnya di banyak daerah Garuda memakai pesawat kecil berjenis ATR serta CRJ supaya kota-kota sekunder terus terhubung dengan kota hub. Garuda Indonesia juga memakai sister brand-nya untuk menjangkau lokasi timur Indonesia


Serta untuk meningkatkan wisata bahari Kementerian Pariwisata bakal meningkatkan Lokasi Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bahari dari yang awal mulanya sejumlah 8 lokasi pada th. 2014 jadi 25 lokasi per th. 2019.


Diluar itu pemerintah akan bangun marina serta pelabuhan untuk kapal pesiar untuk mempermudah akses wisatawan menuju destinasi wisata.


Kami bakal bangun 100 marina yang terima 5000 kapal monitor atau yacht ” kata Arief dalam acara Seminar bertopik Penambahan Konektivitas Pulau-pulau di Indonesia untuk Pengembangan Wisata Bahari di Gedung Kementerian Pariwisata.


Tidak cuma bangun marina untuk pelabuhan kapal-kapal kecil atau yacht pemerintah juga merencanakan bangun 10 pelabuhan besar untuk kapal cruise. Kami bakal bangun 10 port untuk 800 cruise ” ungkap Arief.


Disamping itu untuk meningkatkan wisata bawah laut Arief membidik bakal meningkatkan 45 destinasi selam baru dari mulanya 25 destinasi hingga th. 2019 yang akan datang.



tempat wisata andalan indonesia

No comments:

Post a Comment